Paket Berita untuk Siaran TV

Hasil gambar untuk News Packages for TV Newscasts

Paket Berita untuk Siaran TV

Paket berita adalah bentuk mendongeng yang kreatif, visual, dan panjang yang ditemukan di siaran berita televisi. Berita tersebut disampaikan kepada audiens dengan mengemas bersama sebuah cerita yang mencakup karakter, fakta, plot twists, dan klimaks untuk memberikan nilai hiburan pada saat yang sama.
Paket Berita

Paket berita adalah laporan berita yang diisi sendiri dan direkam. Banyak jaringan menggunakan paket berita untuk menyediakan siaran berita inovatif kepada khalayak luas. Cara alternatif untuk merujuk pada siaran berita ini mencakup paket, paket yang direkam, pkg berita, atau hanya sebagai satu paket. Contoh paket berita adalah:

60 Menit CBS
Dateline pada NBC

Jenis-jenis siaran berita ini memberikan liputan mendalam tentang peristiwa-peristiwa berita dengan menyelidiki semua jenis subjek. Koresponden berita menyelidiki tren, kejahatan, konflik, dan isu-isu yang menarik untuk menyajikan segmen yang panjang, dan kadang-kadang siaran penuh satu atau dua jam, karena paket berita biasanya berlangsung sepanjang 1:15 hingga 02:00. Jenis presentasi berita ini paling baik untuk cerita yang rumit atau yang memiliki banyak wawancara. Dalam hal pemrograman berita bergaya majalah, paket bisa 20 menit atau lebih lama.
Struktur dan Script

Reporter akan sering menghabiskan banyak waktu untuk meneliti cerita dan mewawancarai karakter untuk akhirnya menulis naskah untuk paket-paket ini. Bagian umum dari paket berita adalah penampilan seorang reporter yang sedang berbicara di depan kamera. Ini disebut “standup” karena reporter sering terlihat berdiri di depan kamera pada adegan cerita. Biasanya, pembaca berita akan membaca pengantar secara langsung, kemudian cerita yang direkam akan ditampilkan.

Sebagian besar pemirsa tidak pernah melihat naskah untuk paket berita, karena apa yang dilihat penonton adalah bentuk video dari naskah tersebut. Ketika sebuah skrip dibuat, seringkali melibatkan banyak elemen berbeda selain kata-kata yang tepat dari cerita yang akan disajikan oleh reporter, seperti:

Alur cerita
Visual
Audio
Pengaturan waktu dan isyarat
Nada
Sulih suara

Penulis harus mempertimbangkan apa yang dilihat pemirsa (visual) dan juga apa yang akan mereka dengar (audio). Ada aspek visual dari produksi video, di mana gambar dan video dari materi pelajaran disajikan, sementara audio menentukan byte suara, sulih suara, dan musik yang mungkin menyertai visual untuk membantu cerita bersama.

Waktu dan isyarat khusus untuk editor dan tim pasca produksi juga merupakan aspek penting dari pembuatan skrip untuk paket berita. Menunjukkan waktu dan panjang visual tertentu pada skrip dapat membantu dengan menganyam byte suara dan sulih suara bersama dengan gambar dan alur cerita.

Dengan juga menunjukkan nada dan perasaan yang ingin disampaikan, komponen emosional dari siaran berita dapat mulai terbentuk. Setelah skrip paket lengkap selesai, reporter siap untuk masuk ke bilik suara dan merekam voice-over.

Tim pasca produksi kemudian akan menggunakan naskah untuk menyatukan seluruh paket berita, untuk membuat siaran berita yang menghibur, menarik, dan informatif, sambil tetap sejalan dengan visi dan alur cerita keseluruhan reporter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *